Home » » Organisasi APEC

Organisasi APEC

Latar Belakang
     Dinamika ekonomi politik Asia Pasifik pada akhir tahun 1993 tampak memasuki babak baru terutama dalam bentuk pengorganisasian kerja sama perdagangan dan investasi regional. negara-negara Asia Pasifik berbeda dengan negara-negara di Eropa Barat. Negara-negara di Eropa Barat memulainya dengan membentuk wadah kerja sama regional.Dengan adanya organisasi itu ekonomi di negara saling berhubungan dan menghasilkan ekonomi eropa yang kuat.Berbeda dengan negara eropa,negara-negara Asia Pasifik sejak tahun 1970-an,saling berhubungan secara intensif dalam bidang ekonomi dan menimbulkan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan maju walaupun tanpa kerja sama formal seperti negara eropa,bahkan ada negara yang sama sekali tidak ada hubungan diplomatik tetapi negara tersebut saling bertransakasi dalam ekonomi.Dinamika kerjasama ekonomi negara-negara tersebut merasakan  perlunya wadah atau di bentuknya suatu organisasi yang lebih formal contohnya pembentukan Pacific Basin Economic Council (PBEC) tahun 1969, Organisasi ini beranggotakan pebisnis dari semua negara Asia Pasifik, kecuali Korea Utara dan Kampuchea.
      Pada tahun 1980 muncul Pacific Economic Cooperation Council (PECC). Organisasi yang lahir di Canberra, Australia ini menciptakan kelompok kerja untuk mengidentifikasi kepentingan ekonomi regional, terutama perdagangan, sumber daya manusia, alih teknologi, energi, dan telekomunikasi. Walaupun masih bersifat informal, PECC melibatkan para pejabat pemerintah, pelaku bisnis, dan akademis. Salah satu hasil kegiatan PECC adalah terbentuknya Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) sebagai wadah kerja sama bangsa-bangsa di kawasan Asia Pasifik di bidang ekonomi yang secara resmi terbentuk bulan November 1989 di Canberra, Australia pada tahun 1989.

      Pembentukan APEC atas usulan Perdana Menteri Australia, Bob Hawke.Salah satu yang melatarbelakangi terbentuknya APEC adalah perkembangan situasi politik dan ekonomi dunia pada waktu itu yang berubah secara cepat dengan munculnya kelompok-kelompok perdagangan seperti MEE, NAFTA. Selain itu perubahan besar terjadi di bidang politik dan ekonomi yang terjadi di Uni Soviet dan Eropa Timur. Hal ini diikuti dengan kekhawatiran gagalnya perundingan Putaran Uruguay (perdagangan bebas). Apabila masalah perdagangan bebas gagal disepakati, diduga akan memicu sikap proteksi dari setiap negara dan sangat menghambat perdagangan bebas. Oleh karena itu, APEC dianggap bisa menjadi langkah efektif untuk mengamankan kepentingan perdagangan negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Adapun tujuan dibentuknya APEC adalah untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di kawasan Asia Pasifik terutama di bidang perdagangan dan investasi.
                                                            Download Makalah

Download Button
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 komentar:

 
animasi bergerak gif
My Widget